Blog Mengenai Kata Kata, Fashion, Elektronik, Kecantikan, Hiburan, Kesehatan, Olahraga, Lifestyle, Otomotif, Family, Teknologi, Kuliner, Wisata dan Lain - Lain Bagus Banget

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh Joss Banget

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh Joss Banget - Jahe merah merupakan salah satu varian tanaman jahe yang memiliki konsentrasi pahit dan pedas yang lebih tinggi daripada jenis jahe lainnya. Disamping hal tersebut, jahe merah ternyata mengandung berbagai senyawa yang sangat baik untuk kesehatan. Jadi tidak mengherankan jika jahe merah sering digunakan dalam pengobatan. Lalu apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

manfaat jahe

Manfaat Jahe Merah Alami Sehat

Pada umumnya, tanaman jahe merah memiliki kesamaan morfologi dengan jenis jahe pada umumnya. Dimana perbedaan jahe merah dan jahe biasa yaitu jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri yang paling banyak dibandingkan dengan jahe lainnya. Selain itu, rimpang jahe merah berukuran kecil dengan balutan kulit berwarna merah dan menyimpan serat lebih banyak dibanding jahe biasa.

Berikut 17 manfaat jahe merah bagi kesehatan:
1. Mengatasi Jerawat
Manfaat jahe merah yang pertama yaitu dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Hal ini karena dalam jahe merah terdapat zat anti peradangan yang sangat berguna untuk mengatasi jerawat. Selain itu jahe merah juga memiliki kemampuan dalam mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan mengangkat sel kulit mati sebagai penyebab timbulnya jerawat.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol
Jahe merah mengandung sejumlah senyawa yang sangat bermanfaat dalam pembuangan racun, seperti kolesterol jahat yang terdapat dalam darah. Karena manfaatnya yang dapat membantu melancarkan peredaran darah, secara tidak langsung kolesterol jahat yang biasanya menghambat aliran darah pun juga dapat hancur.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan
Khasiat jahe merah berikut ini sangat cocok bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena dalam jahe memiliki senyawa yang dapat membantu membakar lemak pada perut serta mengurangi nafsu makan, sehingga berat badan Anda pun dapat lebih terkontrol.

4. Meredakan Sakit Batuk
Manfaat jahe merah yang selanjutnya juga dapat digunakan untuk meredakan batuk. Hal ini karena jahe merah memiliki sifat sebagai penghangat yang dapat membantu dalam menyembuhkan sakit batuk. Selain itu, khasiat jahe merah ini juga dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan.

5. Melancarkan Pencernaan
Tidak banyak yang mengetahui bahwa khasiat jahe merah juga dapat menjadi salah satu alternatif solusi bagi anda yang mengalami sulit membuang air besar atau sembelit. Jahe merah juga memiliki fungsi untuk penyerapan makanan yang lebih baik sehingga mencegah terjadinya masalah terkait pencernaan.

6. Mencegah Anemia
Zat besi yang terkandung dalam jahe merah dapat bekerja secara efektif dalam mengontrol jumlah sel darah merah dalam tubuh. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi wanita yang hendak melahirkan, ada baiknya Anda memperbanyak konsumsi jahe merah untuk mencegah anemia.

7. Meredakan Gejala Alergi
Kegunaan jahe merah yang tidak kalah menariknya yaitu dapat digunakan untuk meredakan gejala alergi. Dimana jahe memiliki suatu kandungan atau senyawa yang memiliki sifat anti alergi sehingga sangat efektif untuk mengurangi gejala alergi seperti rasa gatal.

Selain 7 manfaat dan khasiat jahe merah yang telah disebutkan sebelumnya, jahe jenis ini ternyata masih memiliki beragam manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Beberapa manfaat lainnya dari jahe merah yaitu:

8. Mencegah Penuaan Dini
9. Membantu Meregenerasi Sel
10. Meningkatkan Vitalitas Pria
11. Mengobati Rematik
12. Mencegah Osteoporosis
13. Meningkatkan Kesuburan Pria
14. Mengobati Asma
15. Mencegah Penyakit Masuk Angin
16. Mencegah Penggumpalan Darah
17. Memberikan Efek Hangat pada Tubuh

Penggunaan Jahe Merah Sebagai Obat Herbal
Pertama-tama, rimpang jahe merah diiris tipis-tipis kemudian dijemur dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Lalu dihaluskan dengan cara diblender atau ditumbuk sampai menjadi bubuk halus dan jemur kembali dibawah sinar matahari. Cara pemakaiannya adalah dengan menyeduh 1 sdm (sendok makan) bubuk halus jahe merah dengan air panas setengah gelas. Minumlah 2x sehari untuk hasil yang optimal.

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat jahe merah untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh Joss Banget